counter

Kamis, 12 Februari 2015

Menebar Kasih dan Kebajikan dengan Fang Sheng (Pelepasan Hewan)

 Menebar Kasih dan Kebajikan dengan Fang Sheng (Pelepasan Hewan)


Namo Sanghyang Adibuddhaya,
Namo buddhaya untuk semua umat se   -Dhamma di kota Palembang :)


Menjelang Tahun Baru Imlek 2566, tepatnya pada 8 Februari 2015 kemarin,
Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang (KMBP) mengadakan acara fang sheng yang bertempat di Kelenteng Naga Gunung, Jakabaring, Palembang.

Fang sheng merupakan pelepasan makhluk hidup ke habitat asalnya. Namun sesungguhnya makna fang sheng itu sendiri selain melepas makhluk hidup juga melepaskan ego manusia itu sendiri, serta melepaskan semua sikap buruk dalam diri kita. Sudahkan kita melakukannya? :)

Pada event KMBP kali ini, gak cuma para anggota KMBP yang ikut berpartisipasi
dalam acara, ada juga muda-mudi vihara lain, seperti muda-mudi Vihara Samantabhadra, serta beberapa tamu undangan lainnya, mulai dari yang dewasa sampai ke anak-anak. :)

Banyak jenis hewan yang dilepaskan pada Fang sheng kali ini, diantaranya kura-kura, benih ikan lele, ikan sapujagat, ikan nila, dan burung gereja. Acara dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan diawali dengan puja serta dhammadesana yang dipimpin oleh Suhu Xian Ming. Dhammadesana yang singkat, namun sangat bermakna, ibarat secangkir kopi manis yang mengawali pagi kami semua di hari itu.

Kebersamaan kami tidak hanya sampai disitu guys :)
Ketika berkumpul bersama di daratan sudah menjadi terlalu mainstream, maka berkumpul di sungai pun dicoba (Hehe). Panitia acara menyewa dua buah ketek (baca:alat transportasi di air, sejenis perahu) agar bisa melepas ikan-ikan di tengah sungai Musi.

Fang sheng pun selesai. Panas terik, letih, lelah, dan sebagainya tidak menjadi penghalang kebersamaan seluruh orang disana. Meski lelah, tak lengkap rasanya apabila belum makan bersama, yaaa, meski hanya makan snack dan minum air putih, tapi yang penting kebersamaannya kan? (Hehe)

Di penghujung acara, foto bersama pun tak terlupakan. Tentunya hal ini untuk mengabadikan setiap moment kebersamaan KMBP bersama kalian :)
Keseruan acaranya bisa dilihat di foto-foto ini ya :)
Semoga di event-event KMBP selanjutnya, kita semua dari berbagai vihara dapat berkumpul bersama lagi, menghabiskan waktu, dan bercengkerama lebih lama lagi.
See you again guys ^^

Sabbe Satta Bhavantu Sukkitata

Semoga semua makhluk hidup berbahagia :) (ssn)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar